Jumat, 05 Oktober 2012

CONTOH SILABUS, RPP, SKH DAN SKM TAMAN KANAK - KANAK

Diposkan oleh Liana Azmi di 03.21

Sudah lama saya tidak membuka blog, padahal sebulan ini saya tidak ada pekerjaan tetap di karenakan resign  karena sakit, dan tidak di izinkan ibuku bekerja lagi di tempat yang sama. Alhamdulillah ada pengalaman baru selama sebulan ini, saya mendapat panggilan dari TK PLUS At - TAGWA BRONDONG, tapi masih melalui beberapa tahap, dari tes tulis, interview dengan 3 orang dari yayasan dan masuk lagi buat seleksi micro teaching pada hari ini dengan membawa silabus, RPP, SKH dan SKM. meski pesimis juga karena saya backroundnya dari akuntansi, tapi jika terpilih atau tidak terpilih, hal ini bisa menjadi pengalaman menarik.
maka di sini saya ingin membagi silabus, RPP, SKH, dan SKM yang saya buat tadi buat para pembaca, semoga bisa bermanfaat.


SILABUS

Satuan Pendidikan    :  PG- TK PLUS AT – TAQWA
Kelompok                   :  A
Semester/Minggu       :  1/
Tema/Sub Tema        :  Binatang/ Mengenal Binatang Bertelur dan melahirkan
Waktu                              :  45 Menit

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1.
Peserta didik mampu membedakan dan menyebut binatang yang bertelur dan yang melahirkan

1.     Binatang
1.      Pendahuluan
-   Guru mengatur organisasi kelas (posisi tempat duduk anak) dan berdoa bersama
-   Guru merangsang anak agar mau mendengarkan perbedaan Binatang yang bertelur dan melahirkan kemudian siswa menirukan kembali 3 – 4 urutan kata

2.      Kegiatan Inti
-  Siswa Mengelompokkan Binatang yang bertelur
-  Siswa mengelompokkan Binatang yang melahirkan
-  Siswa menggambar binatang yang bertelur atau yang melahirkan
-   Guru memperlihatkan gambar binatang yang bertelur dan melahirkan
-  Guru bertanya kepada siswa tentang gambar – gambar tersebut
-  Guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas menunjuk gambar binatang
-  Guru memberi hadiah pada siswa yang berani maju

3.      Kegiatan Penutup
-   Guru Memotivasi Siswa Agar selalu semangat belajar
-   Guru menyayikan lagu ” Kucingku telu ”
-   Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah

-  Mampu mengelompokkan binatang yang bertelur dan yang melahirkan
-  Mampu menirukan guru mengucapkan 3-5 suku kata
-  Mampu menyebutkan nama – nama binatang yang bertelur dan yang melahirkan
-  Siswa mampu manggambar binatang yang bertelur atau yang melahirkan


-      Keaktifan siswa dalam kelas
-      Kedisiplinan Siswa dalam Kelas
-      Bicara Lancar
-      Kekayaan Kosa kata
-      Respon yang baik

45 Menit
-       Media Gambar

SATUAN KEGIATAN HARIAN
SATUAN PENDIDIKAN    :  PG- TK PLUS AT – TAQWA
KELOMPOK                        :  A
SEMESTER/MINGGU        :  1/
TEMA/SUB TEMA              :  Binatang/ Mengenal Binatang Bertelur dan melahirkan
HARI, TANGGAL               :  JUMAT, 05 Oktober 2012
WAKTU                                :  07.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER BELAJAR
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK

Alat
Hasil
-         Mentaati peraturan yang ada




-            Menirukan kembali 3 – 4 urutan kata







-            Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang di ketahui anak


-            Menggambar binatang yang bertelur dan yang melahirkan



-       menyebut nama  -  nama binatang yang  bertelur dan yang melahirkan yang ada pada gambar












-            Menghitung jumlah benda
Upacara bendera + 15 menit

I.        KEGIATAN AWAL +  30 MENIT
  ( KLASIKAL )
-          Berdo’a Salam
-          Menirukan guru mengucapkan
“ Ayam bertelur”
“ Kucing melahirkan”
-          Memperkenalkan binatang yang bertelur dan melahirkan

II.     KEGIATAN INTI +   60 MENIT
 ( INDIVIDUAL DI AREA )
-   Siswa Mengelompokkan Binatang yang bertelur
-   Siswa mengelompokkan Binatang yang melahirkan
-   Siswa menggambar binatang yang bertelur atau yang melahirkan
-    Guru memperlihatkan gambar binatang yang bertelur dan melahirkan
-   Guru bertanya kepada siswa tentang gambar – gambar tersebut
-   Guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas menunjuk gambar binatang
-   Guru memberi hadiah pada siswa yang berani maju

III.   ISTIRAHAT MAKAN  +  30 MENIT
-          Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
-          Bermain 

IV.  KEGIATAN AKHIR AWAL +  30 MENIT  ( KLASIKAL)
-          Pemberian tugas menghitung jumlah ayam  telur yang ada di dalam gambar
-          Berdiskusi dengan anak tentang kegiatan sehari – hari dan informasi kegiatan esok hari
-          Menyanyi, berdoa, pulang

Tiang Bendera dan bendera




Diri Sendiri ( Langsung )
Langsung anak






Pemberian tugas

Pemberian tugas

Pemberian tugas













Air, Serbet, bekal anak

Alat – alat bermain



Demonstrasi


Observasi




Unjuk Kerja







LKS

LKS

Buku Gambar



SATUAN KEGIATAN MINGGUAN
KELOMPOK            :       A
SEMESTER               :       I
TEMA                        :       Binatang
MINGGU                    :      

SUB TEMA
1.       Binatang Bertelur dan melahirkan
2.       Binatang ternak dan Binatang Buas
3.       Makanan Binatang
                                                                                                  
BAHASA
Ø  Meniru kata
-   Ayam Bertelur
-   Kucing Melahirkan
Ø  Meniru kata
-   Ayam Binatang Ternak
-   Singa Binatang Buas
Ø  Mewarnai dan  melingkari gambar
Ø  Memberi tanda silang dan mewarnai gambar
Ø  Bercerita tentang si Macan Kecil  dan tomi
Bercerita tentang makanan Binatang


PEMBIASAAN
Ø Menyanyikan lagu “Assalamu’alaikum”
Ø Menyanyikan lagu
“I love Allah”
Ø Menyanyikan lagu
“Aina di mana”
Ø Menyebutkan Binatang Bertelur ciptaan Allah
Ø Mengulang dengan menyebut Binatang ciptaan Allah


KOGNITIF
Ø Mengelompokkan gambar Binatang Yang Bertelur
Ø Mengelompokkan gambar Binatang yang melahirkan
Ø Menghitung jumlah telur
Ø Menghitung jumlah anak kucing
Ø Menghubungkan gambar binatang dengan angka
Ø Menghubungkan gambar binatang dengan angka


FISIK / MOTORIK
Ø Mmembentuk telur dengan plastisin
Ø Mmembentuk ayam dengan plastisin
Ø Mmelipat kertas membuat katak
Ø Mmelipat kertas membuat burung
Ø Mmelempar bola besar dari guru
Ø Mmelempar bola besar ke teman
Ø Mmenirukan gerakan katak melompat

                                                                              



Mengetahui,
Kepala TK Plus At - Taqwa                                  Guru Kelompok A2,
              Observer,                                                                                 

          _________________                                                 LIANA AZMI
   



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TK Plus At - Taqwa

Hari / Tanggal              :    Jumat, 05 Oktober 2012
Kelompok                     :    A
Tema                            :    Binatang
Sub Tema                     :    Mengenal Binatang yang bertelur dan melahirkan
Alokasi Waktu             :    45 menit
 

A.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu membedakan dan menyebut binatang yang bertelur dan yang melahirkan
B.       Indikator
-          Mampu meyebut nama – nama  binatang yang bertelur dan yang melahirkan
-          Mampu menirukan guru mengucapkan kembali 3-4 urutan kata
-          Mampu mengelompokan binatang yang bertelur dan yang melahirkan
-          Mampu menggambar Binatang yang bertelur dan yang melahirkan

C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah Kegiatan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengelompokkan binatang yang bertelur dan yang melahirkan
2.      Siswa mampu menirukan guru mengucapkan kembali 3-4 urutan kata
3.      Siswa mampu menyebutkan nama – nama binatang yang bertelur dan yang melahirkan
4.      Siswa mampu menggambar binatang yang bertelur atau yang melahirkan

D.       Materi Pokok
Binatang

E.       Strategi Pembelajaran
Metode ceramah, Tanya Jawab dan Demonstrasi




F.        Skenario Pembelajaran

ALOKASI WAKTU
LANGKAH – LANGKAH
 KEGIATAN
WAKTU











45 Menit






PEMBUKAAN
-        Guru mengatur organisasi kelas (posisi tempat duduk anak) dan berdoa bersama
-       Guru merangsang anak agar mau mendengarkan perbedaan Binatang yang bertelur dan melahirkan
-       Siswa menirukan kembali 3 -4 urutan kata



10 Menit





KEGIATAN INTI
-       Siswa Mengelompokkan Binatang yang bertelur
-       Siswa mengelompokkan Binatang yang melahirkan
-       Siswa menggambar binatang yang bertelur atau yang melahirkan
-        Guru memperlihatkan gambar binatang yang bertelur dan melahirkan
-       Guru bertanya kepada siswa tentang gambar – gambar tersebut
-       Guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas menunjuk gambar binatang
-       Guru memberi hadiah pada siswa yang berani maju





25 Menit


PENUTUP
-       Guru Memotivasi Siswa Agar selalu semangat belajar
-       Guru menyayikan lagu ” Kucingku telu ”
-       Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah



10 Menit

G.      Sumber Belajar
Media Gambar
H.      Penilaian
a.       Keaktifan siswa dalam kelas
b.      Kedisiplinan Siswa dalam Kelas
c.       Bicara Lancar
d.      Kekayaan Kosa kata
e.       Respon yang baik


0 komentar:

Poskan Komentar

 

^^ ~Azmi WebLog~ ^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review