Sabtu, 10 Desember 2011

Mengenal ISO 9000

Diposkan oleh Liana Azmi di 18.35
Sehari- hari aku bekerja di toko bangunan. Ketika membersihkan toko sama temen kerjaku, melap barang – barang, Tiba- tiba temenku nanya.
“ An tau ga kenapa ada produk yang berlabel iso 9001?”
“ kalo berlabel halal kan aku tau low label itu dari MUI, kalo iso 9001 dari mana?” Tanya dia. Aku agak kebingungan juga menjawab cz tu pelajaran tentang pengendalian mutu yang jarang aku baca. Hehehe
Tapi sebisa mungkin aku menjawabnya


ISO sendiri merupakan singkatan dari International Organization for Standardization yaitu organisasi internasional yang bergerak di bidang standarisasi yang bertanggung jawab untuk standar - standar manajemen mutu. Sedangkan ISO 9000 merupakan kumpulan standar
untuk system manajemen mutu.
Jadi untuk perusahaan – perusahaan yang telah di audit dan di sertifikasi oleh ISO dan memenuhi syarat, maka wajib mencantumkan label ISO 9001 certified/ ISO 9001 registered.
Adapun kumpulan standar dalam ISO 9000 antara lain :
 ISO 9000 - Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM).
 ISO 9001 - Quality Management Systems - Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak ketiga.
 ISO 9004 - Quality Management Systems - Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya memberikan masukan saja.
 Masih banyak lagi sebenernaya hanya standar itu kadang tidak mencantumkan( Wikipedia.org)


“ jadi kalo perusahaan telah menerapkan sistem manajemen mutu yang telah memenuhi standar internasional maka mendapatkan sertifikat ISO 9000 ya?” kata temenku
“ iya,” jawabku

0 komentar:

Poskan Komentar

 

^^ ~Azmi WebLog~ ^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review