Senin, 12 Desember 2011

Pemrosesan Siklus Transaksi

Diposting oleh Unknown di 06.43


1.    Pengertian pemrosesan siklus transaksi
Bodnar dan William yang diterjemahkan oleh amir (1996:6) menguraikan istilah pemrosesan siklus transaksi adalah sebagai berikut : pemrosesan transaksi merupakan beragam aktivitas dalam perusahaan yang harus dilakukan untuk mendukung operasi sehari-hari.
      Dari istilah diatas dapat disimpulkan bahwa pemrosesan transaksi adalah kegiatan dalam perusahaan yang mendukung dan menunjang operasi perusahaan sehari-hari
yang bersifat rutin dan bertujuan untuk dapat meningkatkan ketepatan waktu dan frekwensi penyajian laporan serta jumlah jenis laporan.
2.  Unsur-unsur pemrosesan siklus transaksi
Unsur-unsur pemrosesan siklus transaksi menurut bodhar (2000:173) adalah sebagai berikut :
a.    Masukan adalah dokumen sumber seperti transaksi
b.   Pemrosesan adalah yang berhubungan dengan penggunaan Jurnal dan register untuk mencatat masukan agar bersifat permanent.
c.   Penyimpanan yaitu data disimpan dalam buku besar dan catatan
d.  Keluaran yaitu setiap dokumen yang dihasilkan oleh suatu system.

3.  Siklus transaksi penjualan ekspor yang efektif
Pemrosesan transaksi meliputi jaringan yang kompleks berupa saling ketergantungan operasi secara fisik dan pemrosesan dokumen, dan informasi operasi  secara fisik misalnya penerimaan barang, pemrosesan dokumen, penciptakan informasi untuk perencanaan dan pengendalian.
Siklus transaksi penjualan yang efektif menurut budhar dan William (2000:6) yaitu :
a.    Siklus pendapatan yaitu berhubungan dengan barang atau jasa dan pengumpulan jumlah tagihan yang telah jatuh tempoh.
b.    Siklus pengeluaran yaitu berhubungan dengan pembelian barang atau jasa dan pembayaran atas jumlah utang yang jatuh tempo.
c.    Siklus sumber daya manusia yaitu menggambarkan peristiwa perubahan bentuk dari bahan baku menjadi hasil selesai berikut laporan keuangan yang timbul atas biaya dan upah.
d.   Siklus akuntansi yaitu suatu proses atau kegiatan pencatatan pengalisaan pengikhtisaran dan laporan yang terjadi di bagian accounting.
4.  Fungsi-fungsi siklus transaksi penjualan
Menurut Mulyadi (2000:219) fungsi-fungsi siklus transaksi penjualan terdiri dari :
a.    Pemrosesan order pelanggan
b.   Persetujuan penjualan kredit
c.    Pengiriman barang
d.   Penagihan ke konsumen dan pencatatan piutang
e.    Pemrosesan dan pencatatan penerimaan kas
f.    Pemrosesan dan pencatatan dan pengurangan harga pokok.
Siklus penjualan meliputi kepuasan dan proses yang diperlukan untuk mengalihkan kepemilikan atas barang dan jasa  yang telah tersedia untuk di jual kepada pelanggan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

^^ ~Azmi WebLog~ ^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review